SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Rintik hujan mewarnai saat ribuan umat Kristiani melakukan Misal Natal, Rabu (25/12/2013). Kendati hujan misa peringatan kelahiran Yesus Kristus tetap berjalan penuh khidmat.

Di Gereja Katolik Jawa (GKJ) Wates, peyaan Natal digelar dengan mimbar terbuka di luar gereja. Pemimpin Misa, Pendeta Andhika Tri Subawa menyebut rintik hujan yang mewarnai misa Natal merupakan berkah dari Tuhan.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Tema Natal di GKJ ini adalah memberitakan Allah yang Hadir. Dalam sambutannya, Pendeta Andhika menyampaikan ajakan agar umat Kristiani menjadikan Natal sebagai semangat untuk mewujudkan persatuan semua umat.

Sebelumnya, Misa malam Natal juga berlangsung khidmat di Gereja Paroki Santa Maria Bunda Penasehat Baik Wates.

Perayaan Natal bertema Datanglah Ya Raja Damai dipimpin oleh Romo Antonius Amisani Kurniadi, sedangkan perayaan Natal pada esoknya dipimpin Romo Antonius Abbas Kurnia.

Romo Antonius Amisani Kurniadi menyatakan dengan tema tersebut mengajak seluruh umat Katolik mengalami kedatangan Yesus Kristus, menyambutnya dalam hatinya dan kemudian menjadi membawa damai di manapun berada.

Amisani berharap dengan tema Natal itu bisa menggugah umat Katholik untuk memaknai kelahiran Yesus serta menerima dan menyambut-Nya dalam sanubari masing-masing seperti Yesus yang dikenal sebagai Raja Damai di dunia. Dia juga berharap umat bisa hadir di tengah masyarakat menyampaikan pesan perdamaian bagi siapa pun.

“Mengingat saat ini situasi di mana pun ketidakdamaian ada di sekitar kita, umat Katolik diharapkan tidak menjadi ambil bagian dalam keributan-keributan itu, tetapi menjadi pembawa pesan damai,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo saat menghadiri Perayaan Natal di GKJ Kalipenten, Sentolo berharap ada sisi positif yang bisa diambil dari tema Natal tahun ini.

Dia mengimbau umat Kristiani di Kulonprogo agar mengedepankan rasa kepedulian dan kesederhanaan dalam Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya