SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pencurian (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, BANTUL — Seorang pria asal Kebondalem Lor, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencuri kotak amal dan sejumlah barang di salah satu warung kelontong di Dusun Tamabalan, Srimartani, Piyungan, Bantul. Pria berinisial AF, 26, itu nyaris dihajar warga.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan aksi pencurian itu terjadi pada Rabu (3/5/2023). Awalnya AF mengaku pergi dari rumah hendak menuju Kabupaten Gunungkidul.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Di tengah perjalanan, sekitar pukul 03.00 WIB, pelaku berhenti di sekitar wisata Bukit Bintang untuk beristirahat.

“Ketika berhenti, pelaku melihat warung dalam keadaan tertutup dan digembok. Kemudian pelaku masuk melompat dari pagar  samping dan berhasil masuk ke dalam warung,” kata Jeffry, Kamis (4/5/2023).

Setelah berhasil masuk warung, AF melihat ada kotak amal di atas etalase dan satu unit speaker. Pelaku kemudian keluar dengan terlebih dahulu membawa kotak amal.

Setelah berhasil keluar, ia berniat untuk kembali masuk mengambil speaker tersebut.

“Awalnya dia sudah memindahkan speaker. Mungkin karena enggak bisa bawa terus ditinggal dulu,” ujar dia.

Saat AF akan kembali masuk ke warung, dia melihat ada warga yang sedang menongkrong di sekitar lokasi. Untuk mengelabui aksinya itu, AF lantas masuk ke dalam musala dan pura-pura ibadah sekaligus menghindari warga.

“Di dalam warung itu ada penjaga. Cuma waktu pelaku di dalam enggak berani keluar. Pas pelaku sudah keluar, baru penjaga itu keluar terus minta bantuan sama warga lainnya,” kata dia.

Warga kemudian berusaha mencari keberadaan AF. Saat itu, pelaku keluar dari musala. Awalnya pelaku mengelak telah mencuri, tetapi saksi yang saat itu melihat kejadian meyakini bahwa AF adalah pelaku yang masuk ke dalam warung.

“AF kemudian ditahan warga dan dilaporkan ke Polsek Piyungan,” ucapnya.

Atas insiden ini polisi berhasil mengamankan barang bukti uang senilai Rp225.000 dan dua buah kotak amal.

“Pelaku sudah diamankan di Mapolsek Piyungan. Saat ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Nekat Gondol Kotak Amal di Warung, Pemuda asal Sleman Nyaris Dihajar Massa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya