SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Para nelayan di Pantai Baron bersiap memancing gurita lantaran sudah mulai musimnya. Saat ini para nelayan mulai menyiapkan alat pancingnya.

Salah satu nelayan Djumono Juliadi menuturkan gurita sudah mulai muncul. Para nelayan tahu setelah ada salah satu nelayan yang mencoba mencari dan menangkap 10 kg gurita.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Harga gurita cukup bagus. Untuk ukuran satu kilogram ke atas bisa dihargai Rp20.000. Kalau kurang dari satu kilogram harganya di bawah Rp20.000,” tutur dia kepada Harian Jogja, Kamis (17/10/2013).

Djumono mengaku senang menangkap gurita karena biasanya satu umpan yang dipasang bisa mendapatkan dua gurita sekaligus. Menurut Djumono gurita memiliki sifat kanibal sehingga suka memangsa temannya sendiri.

Selain menyiapkan pancing untuk gurita, para nelayan juga bersiap untuk menjaring lobster. Lobster sudah mulai muncul. Para nelayan akan berkonsentrasi mencari lobster mulai dari depan Pantai Baron hingga Pantai Parangtritis.

“Ini memang belum musimnya tapi sudah mulai ada. Paling keluar satu kilogram sampai dua kilogram. Kami akan mulai melaut Sabtu nanti setelah Jumat Kliwon. Jumat Kliwon merupakan pantangan bagi nelayan untuk melaut,” tutur dia.

Sementara itu, para pedagang masih enggan untuk mengolah. Salah satunya Mbak Sri. Ia meyakini gurita mau memakan daging manusia. Awak kapal karam yang membusuk di laut membuatnya bergidik.

“Walaupun tidak lihat langsung. Tapi ya bagaimana gitu,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya