SOLOPOS.COM - Seorang anak nelayan berada diatas kapal di Muarareja, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (2/2/2016).(JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Nelayan pantai selatan tidak melaut karena angin kencang

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-– Nelayan Pantai Gesing, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang terpaksa tak melaut karena cuaca tak bersahabat. Angin kencang terjadi mulai hari ini, Selasa (9/8/2016) dan diperkirakan hingga Jumat (12/8/2016) mendatang.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Ketua Nelayan Pantai Gesing Tugimin mengatakan bahwa kelompok nelayan sejak Selasa memilih berhenti total untuk melaut. Angin kencang sudah mulai terjadi sejak Senin (8/8/2016) malam. Hanya ada beberapa nelayan yang memaksa melaut untuk mencari ikan.

“Tadi malam ada sekitar satu atau dua kapal yang beroperasi, tapi hari ini, Selasa [9/8/2016] semua berhenti total,” kata dia.

Ia mengatakan ada sekitar 60 nelayan di Pantai Gesing memutuskan tak turun ke laut. Angin dengan kecepatan sekitar 12 knot hingga 20 knot masih tertiup di wilayah Pantai Gesing. Sejak malam angin bertiup sangat kencang terutama di tengah laut. Namun, dikatakannya meskipun angin sangat kencang hal tersebut tak berpengaruh pada tinggi gelombang laut.

“Gelombangnya tak terlalu besar, cuma anginnya yang kencang sekali,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang nelayan Pantai Gesing, Wardiyono mengatakan pihaknya pun telah mendapat informasi melalui BMKG terkait dengan angin kencang yang akan melanda pantai Gunungkidul.

Ia pun bersama nelayan lainnya telah mengambil sikap untuk tidak melaut sementara waktu. Ia dan nelayan lainnya memutuskan untuk mengerjakan pekerjaan sampingan lain untuk mengisi waktu.

“Saat ini biasanya jadi kesempatan untuk mengurus ternak, membenahi peralatan mencari ikan yang rusak, berladang juga,” kata dia.

Wardiyono mengatakan selain nelayan pribumi, Pantai gesing juga menjadi persinggahan nelayan andon. Nelayan andon yakni nelayan dari berbagai daerah di luar Gunungkidul seperti Pangandaran dan Cilacap. Para nelayan andon pun tak nampak melaut di wilayah Pantai Gesing saat ini.

Meskipun begitu, tangkapan laut masih mampu didapatkan oleh para nelayan
pada saat melaut beberapa waktu yang lalu. Beberapa tangkapan ikan yang mampu didapatkan nelayan di musim dingin seperti saat ini diantaranya ikan jenis layur saja.

“Ya lumayan masih bagus tangkapannya, jenis layur bisa kita dapat sampai 1 kuintal setiap perahu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya