SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Pemerintah Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pemetaan wilayah yang memiliki tingkat kerawanan bencana tanah longsor.

Kepala Seksi Trantib Kecamatan Ngawen Agus Sugiyarto mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap wilayah yang memiliki kerawanan longsor, seperti di Dusun Mundon, Tancep, yang berada di wilayah pegunungan Batur.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“Bukit di Dusun Mundon terdapat pemukiman warga yang beberapa tahun lalu mengalami tanah longsor, sehingga patut diwaspadai,” katanya, Minggu (12/10/2014).

Wilayah Gunungkidul yang berada di Pegunungan Batur, yakni mulai dari Kecamatan Patuk, Gedangsari, Nglipar, Semin, Ngawen, Ponjong, dan Purwosari.

Ia mengatakan untuk mencegah adanya longsoran saat musim hujan, pemerintah kecamatan sudah melakukan pemetaan lokasi rawan longsor.

“Beberapa waktu lalu, kami sudah memantau di sekitar perbukitan, dan tidak ditemukan retakan, dan semoga tidak terjadi longsoran,” kata dia.

Meski demikian, pihaknya meminta masyarakat yang berada di sekitar bukit Mundon untuk selalu mewaspadai tanah longsor, sebab musim hujan kemungkinan akan terjadi dalam beberapa pekan lagi.

“Yang berada langsung dibawah bukit ada dua KK,” katanya.

Camat Ngawen Barji mengakui wilayahnya ada beberapa dusun yang rawan longsor, sehingga masyarakat diminta untuk mewaspadainya.

Pemerintah, katanya, sudah melakukan upaya pencegahan jatuhnya korban jika bencana terjadi, di antaranya dengan melakukan sosialisasi kepada warga.

“Kami sudah mengantisipasi dengan melakukan sosialisasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya