SOLOPOS.COM - Ilustrasi parkir. (Dok Solopos)

Solopos.com, JOGJA — Dua orang juru parkir yang menarik tarif di atas ketentuan atau nuthuk harga di Jalan Pasar Kembang, Kota Jogja, ditangkap petugas. Dua jukir itu menarik tarif parkir antara Rp10.000 hingga Rp25.000 untuk satu unit mobil.

Kepala Pokja Penindakan Kota Jogja, AKP Archye Nevadha, mengatakan kedua jukir tersebut ditangkap pada Senin (3/7/2023) malam di seputaran Jalan Pasar Kembang. Kedua jukir tersebut berinisial EA alias Pak Ogah dan AP.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

EA ditangkap di Jalan Sarkem tepatnya di sebelat barat Loko Kafe. Sedangkan AP ditangkap petugas di simpang tiga Jalan Sarkem.

“Ini merupakan tindak lanjut dan upaya pengawasan dan pencegahan berkaitan dengan insiden tarif parkir nuthuk. Apalagi sekarang masih musim liburan sekolah,” kata Archye , Selasa (4/7/2023).

Polisi ikut mengamankan sejumlah barang bukti dari para tersangka. Dari tersangka EA diperoleh uang tunai senilai Rp10.000. Sementara dari tersangka AP uang tunai yang disita sebesar Rp115.000.

“Tersangka EA ini mengutip tarif parkir senilai Rp10.000 per satu unit mobil kemudian yang tersangka AP memungut tarif Rp25.000 untuk satu kendaraan roda empat. Itu tidak sesuai ketentuan,” jelasnya.

Keduanya melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Jogja No 2/2019 tentang Perparkiran Jo Perda Kota Jogja No 1/2020 tentang Retribusi Pelayanan Parkir Tepi Jalan Umum. Keduanya dikenakan tindak pidana ringan (tipiring).

“Segera akan disidangkan di Pengadilan Negeri Jogja agar ada efek jera,” ucap Archye.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan jika mendapati insiden tarif parkir nuthuk di wilayah Kota Jogja. Para jukir juga diwanti-wanti agar menataati aturan dalam penyelenggaraan perparkiran. Polisi, kata dia, akan patroli untuk melakukan pengawasan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Nuthuk Tarif Parkir, Polisi Cokok 2 Jukir di Jalan Sarkem Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya