SOLOPOS.COM - KONTES ROBOT—Tiga siswi SD Muhammadiyah Sukonandi Jogja memperlihatkan salah satu program robot buatan mereka, Selasa (22/5). (JIBI/Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti)

KONTES ROBOT—Tiga siswi SD Muhammadiyah Sukonandi Jogja memperlihatkan salah satu program robot buatan mereka, Selasa (22/5). (JIBI/Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti)

JOGJA—Dua tim siswa-siswi Sekolah Dasar Muhammadiyah Sukonandi siap bertanding di International Islamic School Robotic Olympiade, di Pusat Sains Kuala Lumpur, Malaysia 23-28 Mei mendatang.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Pengajar ekstrakurikuler robotik SD Muhammadiyah Sukonandi, Benny Oktiyanto menyampaikan, enam siswa terpilih mengikuti lomba dari penyaringan terhadap 30 siswa.

“Mereka ikut empat kelas, line tracer, miss solving, robot analog, dan robot teater,” kata Benny, Selasa (22/5).

Keenam siswa bersama tim dari SD Muhammadiyah Sapen dan SMP Muhammadiyah 3 akan bersaing dengan peserta dari 200 sekolah Islam se-Asia Tenggara. Persiapan mengikuti olimpiade dilakukan tim sejak sebulan terakhir.

Menurut Benny, perlombaan menitikberatkan pada kemampuan anak dalam memrogram robot yang sudah ada.

“Anak-anak tidak merangkai, tetapi bagaimana bisa menerapkan program atau menjadi operator agar robot bisa bergerak sesuai penilaian,” katanya.

Kategori robot teater SD Muhammadiyah Sukonandi mengangkat tema Bhineka Tunggal Ika dengan dukungan tarian Jawa, Bali, dan Palembang.

“Robot berperan jadi kancil, ular, gajah, bunga, globe, dan burung dara lambang perdamaian. Saya nyanyi Kulihat Ibu Pertiwi,” kata salah satu siswa, Farah Nabila. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya