SOLOPOS.COM - Para nelayan Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari Gunungkidul. (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Ombak tinggi terjadi di Pantai Selatan sehingga nelayan pilih libur melaut

Harianjogja.com, BANTUL – Ombak tinggi dan meningkatnya angin di wilayah laut selatan membuat nalayan Bantul memilih libur melaut. Tercatat sudah hampir sepekan nelayan menghentikan aktivitas melaut dan menangkap ikan karena khawatir cuaca yang tengah tak bersahabat mengancam jiwa dan keselamatan.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Nelayan Pantai Depok Bantul, Nugroho mengungkapkan sudah sejak hari Selasa lalu menghentikan aktivitasnya. Ia memilih libur dan menggunakan waktu luangnya untuk memperbaiki peralatan baik kapal dan jaring.

“Cuara sedang buruk untuk kegiatan penangkapan ikan. Terpaksa kami masih libur,” ujarnya Minggu (8/3/2015).

Tidak hanya Nugraha sendiri yang libur. Beberapa nelayan lain juga nampak hanya menyandarkan perahunya di tepi pantai sembari beraktivitas biasa sembari memantau perkembangan ketinggian gelombang.

“Kalau melihat potensi ikannya memang sekarang sedang musim. Tapi kami tidak mau spekulasi jauh,” imbuh Parno nelayan yang lain.

Beberapa nelayan memang sebelumnya sempat nekat ingin mencoba tetap melaut. Tetapi, beberapa perahu hanya bisa berlabuh beberapa ratus meter akhirnya memilih pulang.

“Kalau dipaksakan perahu bisa pecah dihantam gelombang tinggi,” ujarnya di tempat terpisah.

Kondisi ini membuat pasokan ikan cukup terbatas pada liburan akhir pekan berlangsung.

Sejumlah pedagang di Pantai Depok terpaksa mengandalkan pasokan ikan yang didatangkan dari daerah lain seperti Jateng. Beberapa pengunjung yang memasan jenis makanan ikan tertentu terpaksa tidak bisa semua disediakan sesuai daftar menu yang dipampang di warung-warung makan di Depok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya