SOLOPOS.COM - Sejumlah pengendara tampak terjaring salah satu giat Operasi Zebra 2015 yang dilaksanakan Polres Kulonprogo di depan GOR UNY Wates, Selasa (27/10/2015) pekan lalu. (JIBI/Harian Jogja/Dok.Humas Polres Kulonprogo)

Operasi zebra Kulonprogo tahun ini menjaring lebih banyak orang.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Polres Kulonprogo memberikan sanksi tilang bagi 1.686 pengendara pada Operasi Zebra 2015 yang digelar selama dua pekan hingga Rabu (4/11/2015) kemarin. Jumlah penindakan tersebut meningkat sekitar 1,4 persen dibanding operasi zebra tahun lalu yang dikenakan kepada 1.661 pengendara.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Ahmad Hidayat mengungkapkan, jenis pelanggaran yang paling banyak ditemukan adalah tidak mematuhi marka jalan dan tidak menggunakan helm. Kesadaran masyarakat memakai helm, khususnya di wilayah pedesaan, dianggap masih cenderung rendah. Padahal, meski jarak yang ditempuh tidak jauh, helm tetap harus dipakai demi keselamatan.

Menurut Hidayat, masyarakat masih perlu mendapatkan pemahaman mengenai pentingnya mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor. Banyak yang enggan berhelm, apalagi jika melintas di jalan-jalan yang jarang dijaga petugas.

“Pelanggaran helm paling banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Panjatan, Galur, Kalibawang, dan Nanggulan,” ungkap dia, Kamis (5/11/2015).

Hidayat lalu mengungkapkan, tidak semua pelanggar mendapat sanksi tilang. Ada 215 orang yang hanya menerima teguran lisan. Tindakan itu dilakukan dengan mempertimbangkan kelengkapan surat berkendara.

“Misalnya pengendara yang rumahnya dekat dan tidak pakai helm. Kami minta dia pulang untuk mengambil helm,” jelas Hidayat..

Hidayat memaparkan, petugas juga memeriksa barang bawaan demi menjaring adanya senjata tajam atau obat terlarang dan hasilnya nihil. Hanya saja, ada puluhan sepeda motor yang disita petugas karena bentuk maupun kelengkapan bagian tubuhnya tidak sesuai standar. Misalnya bagian ban diganti dengan ukuran yang lebih kecil.

“Kami minta pengendara mengambil [sepeda motor] ke Mapolres dengan membawa kelengkapan asli untuk dipasangkan,” ucap Hidayat.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo, Iptu Heru Meiyanto menambahkan, masyarakat sering beralasan lupa memakai helm. Dia menyarankan, helm sebaiknya selalu diletakkan di dekat motor agar tidak tertinggal saat bepergian. Heru juga berharap masyarakat yang kena tilang selama Operasi Zebra 2015 tidak mengulang pelanggaran lalu lintas lagi. “Dengan adanya tindakan tilang dari petugas, diharapkan mereka selalu ingat dan tidak akan melakukan pelanggaran yang sama,” ujar Heru kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya