SOLOPOS.COM - Sejumlah warga eks-Gafatar berada di tempat penampungan di Detasemen Pembekalan dan Angkutan Kodam XII/Tanjung Pura di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (20/1/2016). Sebanyak 1.119 warga eks-Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang dievakuasi dari Kabupaten Mempawah karena diusir paksa oleh masyarakat setempat pada Selasa (19/1/2016) tersebut, rencananya akan dipulangkan pemerintah ke daerah asal dengan menggunakan KRI Teluk Bone. J(JIBI/Solopos/Antara/Jessica Helena)

Ormas Gafatar, sejumlah anggotanya yang akan dipulangkan ke DIY akan ditampung di rusunawa Karangrejek Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Rusunawa di Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari menjadi salah satu opsi lokasi penampungan bagi warga Gunungkidul yang teridentifikasi sebagai anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunungkidul, Supartono menerangkan tujuan ditampungnya eks Gafatar ini adalah sebagai upaya awal untuk mempersiapkan mereka sebelum kembali beraktivitas di tengah masyarakat.

Nantinya di penampungan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul akan menjamin kebutuhan para eks Gafatar tersebut, termasuk juga pemahaman dan pembinaan yang diperlukan.

Pemkab juga meminta kepada pemerintah kecamatan dan pemerintah desa agar memberikan pemahaman kepada masyarakat di mana eks Gafatar ini berdomisili, agar mau menerima kehadiran eks Gafatar ini kembali ke tengah masyarakat.

“Kami juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa menerima eks Gafatar ini layaknya masyarakat biasa,” katanya.

Saat ini, Pemkab Gunungkidul sedang membuat Tim Teknis Pemulangan bagi eks Gafatar dari Mempawah, Kalimantan Barat. Tim ini terdiri dari Kejaksaan Negeri Wonosari, Kepolisian Resor Gunungkidul, Kementerian Agama, Komando Distrik Militer, psikiater diketuai oleh Sekda. Masing-masing dari anggota tim akan bekerja sesuai tugas yang akan dibagi dan kemampuan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya