SOLOPOS.COM - Petugas Pemadam Kebakaran BPBD Gunungkidul sedang melakukan peninjauan lokasi pabrik tahu yang hancur akibat ketel uap meledak di Padukuhan Karangasem, Kalurahan Mulo, Wonosari, Gunungkidul pada Senin (12/2/2024). (Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Pabrik tahu yang berlokasi di Padukuhan Karangasem, Kalurahan Mulo, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, mengalami ledakan dahsyat pada Senin (12/2/2024) malam. Akibat ledakan itu, tutup ketel uap seberat 50 kilogram terlontar sejauh 300 meter dan menimpa rumah warga.

Anggota TRC BPBD Gunungkidul, Wasesa, mengatakan peristiwa ini terjadi saat proses produksi tahu milik Sugiyono sedang beroperasi. Saat itu, ia lupa membuka keran pembuangan ketel uap hingga menyebabkan ketel tersebut meledak.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Ketel itu terlontar hingga ratusan meter dari lokasi kejadian dan menimpa rumah warga. Atap rumah berukuran 6 X 8 meter berbahan baja ringan dengan atap berupa asbes mengalami kerusakan.

“Tutup ketel uap seberat 50 kilogram akhirnya terlontar sejauh 300 meter dan menimpa atap rumah Pawiro Suroso,” kata Wasesa ditemui di tempat kejadian, Senin (12/2/2024).

Wasesa menambahkan tutup ketel tersebut menimpa bagian belakang rumah dekat dengan kamar mandi. Kerugian yang terjadi untuk rumah Pawiro mencapai Rp5 juta.

Salah satu  warga , Gumreg, mengaku dia mendengar ledakan sebelum tutup panci tersebut menimpa rumah Pawiro Suroso. Dalam satu rumah tersebut ada dua kepala keluarga (KK) dengan lima orang penghuni.

“Ledakannya keras sekali. Saya sangka dari pom bensin. Warga sempat ramai-ramai ke pom tapi tidak terjadi apa-apa,” kata Gumreg.

Setidaknya suara ledakan dapat mencapai radius lebih dari 2 kilometer. Menurut Pawiro Suroso, tutup ketel tersebut jatuh menimpa atap belakang dan masuk ke dalam rumah dalam kondisi masih panas dan berwarna merah di beberapa bagian. Dia sempat mengukur ketebalan tutup ketel tersebut, sekitar 2 centimeter.

“Saya kira itu septic tank,” kata Pawiro.

Pantauan di lokasi, pabrik tahu tersebut berada di samping rumah. Setengah dari atap roboh. Di bagian belakang, ketel uap tergeletak tanpa tutup masih dalam keadaan hangat.

Ada titik-titik putih di tanah tempat ketel tersebut meledak dengan bau ampas tahu. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut termasuk dua karyawan yang sedang bekerja.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Penyebab Ledakan di Pabrik Tahu Gunungkidul hingga Separuh Bangunan Hancur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya