SOLOPOS.COM - Anglingkusumo (JIBI/Harian Jogja/dok)

Anglingkusumo (JIBI/Harian Jogja/dok)

JOGJA—Puluhan orang yang mengatasnamakan diri Serikat Masyarakat Sejahtera (Semesta) Kabupaten Gunungkidul mengukuhkan KPH Anglingkusumo menjadi Paku Alam IX, Kamis (3/5).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pengukuhan dilakukan di teras rumah Anglingkusumo di Jalan Harjowinatan 4 Pakualaman Jogja.

Secara simbolis, ketua Semesta Atmaji Purwanto membacakan dukungan yang ditandatanganinya dan Sekretaris Semesta, Triyono.

“Kami dari masyarakat semesta mengukuhkan KPH Anglingkusumo menjadi Paku Alam IX,” ucapnya seraya diikuti penyerahan semacam sertifikat kepada Anglingkusumo.

Pengukuhan tersebut juga disaksikan sekitar 50 orang terdiri dari masyarakat hukum adat sabang merauke, masyarakat Adikarta, masyarakat mahasiswa Belu, Sumba, Flores, Attambua, Kupang, Malaka, Timor Leste, Aceh, Papua, Sumatra, Kalimantan. Mereka mendukung Anglingkusumo jadi Paku Alam IX.

Pengukuhan yang berlangsung singkat itu tidak ada prosesi seperti jumenengan raja. Angling mengenakan baju batik dengen setelan celana kain, masyarakat pendukung juga mengenakan kemeja, tidak terlihat peserta yang mengenakan pakaian adat jawa.

Beberapa waktu lalu sejumlah masyarakat Kulonprogo juga melantik Anglingkusumo sebagai Paku Alam.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya