SOLOPOS.COM - Eko Darmanto - JIBI/Bisnis.com

Solopos.com, JOGJA — Kementerian Keuangan mencopot Eko Darmanto dari jabatannya sebagai Kepala Bea Cukai Jogja, Rabu (1/3/2023). Pencopotan ini sebagai buntut dari Eko Darmanto  pamer harta kekayaan dan kemewahan hidup di media sosial.

Pencopotan Eko Darmanto sebagai Kepala Bea Cukai Jogja disampaikan secara langsung oleh Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, di kantor Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu, Rabu sore.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Dalam rangka pemeriksaan yang bersangkutan [Eko Darmanto] dibebastugaskan dari jabatannya. Ini sudah kami instruksikan kepada Direktorat Jenderal Bea Cukai [untuk dibebastugaskan],” kata dia dalam konferensi pers saat dipantau melalui live di Tiktok, Rabu.

Nazara menuturkan Kemenkeu sudah melakukan pemanggilan terhadap Eko darmanto dan melakukan klarifikasi terkait sejumlah harta bendanya yang diunggah di akun media sosial pribadinya. Salah satunya, Eko pamer pesawat Cessana.

“Kalau dari hasil pemeriksaan DJBC bahwa pesawat tersebut milik FASI dan saat itu dalam rangka latihan terbang,” katanya.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan yang hadir dalam konferensi pers tersebut menambahkan, KPK juga ada melakukan pemeriksaan terhadap Eko Darmanto (ED). Pemeriksaan dilakukan untuk melakukan klarifikasi terhadap harta kekayaan yang dimiliki.

“Saudara ED akan diperiksa terhadap LHKPN-nya. Pemeriksaan kita kumpulkan semua data pendukung, KPK terhubung secara elektronik kepada BPN, BPN akan mencari semua sertifkat tanah atas nama yang bersangkutan termasuk anak atau istri. Begitu juga dengan perbankan semua juga terkoneksi bisa kami lihat berapa rekeningnya yang dimilik termasuk anak istrinya,” ujarnya.

Sebelumnya, nama Eko Darmanto mencuat di media sosial setelah Rafael Alun Trisambodo, ayah tersangka penganiayaan Mario Dandy Satriyo. Pegawai Bea Cukai yang menjadi bulan-bulanan warganet karena gaya hidup mewah yang dipamerkan di media sosial.

Bea Cukai menjadi perbincangan seiring trending-nya tagar #BeaCukaiHedon di Twitter, Senin (27/2/2023) malam. Tagar itu membelejeti harta kekayaan salah satu pegawai Bea Cukai Kementerian Keuangan yang diduga bekerja di Bea Cukai Jogja. Bea Cukai mendadak menjadi pembicaraan setelah warganet membagikan tangkapan layar Instagram pegawai Bea Cukai.

Pada Senin malam, akun Instagram tersebut sudah tak bisa dibuka dan lenyap. Namun, potongan gambar yang memperlihatkan foto-foto motor besar, mobil mewah, hingga pesawat sudah telanjur berseliweran di medsos.

Salah satu warganet di Twitter kemudian membagikan tangkapan layar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Dalam LHKPN KPK, harta kekayaannya sebesar Rp6,7 miliar.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Buntut Kasus Pamer Harta, Eko Darmanto Dicopot dari Jabatan Kepala Bea Cukai Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya