SOLOPOS.COM - Sakit ilustrasi (winopso.org)

Sakit ilustrasi (winopso.org)

KULONPROGO—Pergantian musim (pancaroba), dari musim penghujan ke kemarau patut diwaspadai. Pasalnya, selama pancaroba beragam penyakit menular bermunculan.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Kepala Seksi Pemantauan Penyakit & Imunisasi Dinas Kesehatan Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan, munculnya berbagai penyakit selama musim pancaroba lumrah terjadi. Hal itu disebabkan oleh perubahan alam dan faktor lingkungan yang mendukung munculnya penyakit tersebut. Salah satu penyakit yang perlu dicermati perkembangannya adalah penyakit hepatitis A.

Meski tidak terlalu berbahaya, katanya, orang yang terkena penyakit tersebut bisa lemas, cepat lelah dan kulit menguning.

“Penyakit ini biasanya disebut masyarakat sebagai penyakit kuning atau liver. Selain disebabkan faktor lingkungan, penyakit ini ditimbulkan karena perilaku seseorang yang tidak menjaga kebersihan,” ungkapnya, Selasa (24/4).

Hingga Minggu ke-14 tahun ini, lanjutnya, dari 12 kecamatan di Kulonprogo, penyakit hepatitis A itu terdeteksi di delapan kecamatan dengan tingkat kasus (penderita) yang jumlahnya variatif. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya