SOLOPOS.COM - Wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul, D.I Yogyakarta, Rabu (4/5/2022). (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, BANTUL — Pantai Parangtritis masih menjadi tempat wisata favorit bagi warga saat momen libur Idulfitri 2023. Jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis mencapai 184.224 wisatawan dalam momen Lebaran kemarin.

Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan selama libur Lebaran tahun ini tercatat sebanyak 255.758 orang dengan perolegan pendapatan asli daerah (PAD) senilai Rp2,4 miliar.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Angka kunjungan tersebut tercatat dari mulai 21 April hingga 1 Mei 2023. Pantai Parangtritis masih menjadi daya tarik utama wisatawan yakni dengan jumlah 184.224 pengunjung. Kemudian disusul Pantai Samas sebanyak 38.106 orang, Pandansimo sebanyak 20.357 orang, Goa Cemara 5.936 orang, dan Kuwaru sebanyak 5.324 orang.

“Jika dihitung secara jumlah, jumlah kunjungan wisatawan pada libur Lebaran tahun ini lebih banyak karena berlangsung selama 11 hari. Sementara libur Lebaran tahun lalu selama tujuh hari. Namun secara rata-rata data kunjungan harian Lebaran tahun lalu lebih banyak, yakni mencapai sekitar 34.000an per hari. Sementara data harian pada Lebaran tahun ini di angka 24.000-25.000an,” papar Markus, saat dihubungi Selasa (2/5/2023).

Pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan secara target, Lebaran tahun ini terpenuhi karena target kunjungan wisatawan selama Lebaran kemarin di angka 200.000-250.000. Namun jika dibanding rata-rata kunjungan harian tahun ini lebih sedikit.

Menurutnya, bukan hanya Bantul yang kunjungan wisatawannya sedikit, tetapi merata di semua objek wisata di sejumlah kabupaten dan kota di DIY. Dispar Bantul belum mengerti kenapa bisa terjadi penurunan kunjungan wisatawan.

“Tapi menurut dugaan saya, mungkin karena Lebaran tahun ini berbarengan dengan menjelang orang mencari sekolah dan kuliah sehingga kebutuan lebih banyak saving kebutuhan pendidikan lebih dahulu ketimbang untuk berwisatata,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Koperasi Notowono yang menaungi objek wisata di Mangunan-Dlingo, Purwo Harsono mengakui jumlah kunjungan wisata selama musim libur Lebaran tahun ini memang tergolong lesu. Dari catatan pihaknya bahkan ada penurunan sebesar 22% dibandingkan dengan musim Lebaran tahun lalu.

“Jumlah wisatawan yang berkunjung pada libur Lebaran tahun ini memang jauh dari prediksi. Bahkan persiapan yang sudah dilakukan oleh para pengelola wisata terasa percuma,” ungkapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kunjungan Wisata ke Bantul Turun Selama Libur Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya