SOLOPOS.COM - Ilustrasi sidang di pengadilan. (JIBI/Harianjogja.com/Dok.)

ilustrasi

Harian Jogja.com, BANTUL—Satgas PDIP Kota Jogja mengerahkan puluhan anggotanya memantau sidang kasus pembunuhan yang melibatkan rekan mereka, Joko Prasetyo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Joko merupakan anggota Satgas PDIP Kota Jogja yang tewas ditusuk oleh pelaku bernama Supranata alias Tatak, 21, bersama seorang rekannya bernama Ndarto. Tatak kini telah menjadi terdakwa, sedangkan Ndarto masih buron.

Penusukan terjadi setelah Joko yang diketahui menenggak minuman keras terlibat cekcok dengan Tatak di sebuah acara pentas seni di Kasihan, Bantul, Januari 2013 silam.

Tatak ditangkap dan ditahan Maret 2013 lalu setelah sempat kabur dan kini tengah menjalani persidangan. Pada siding dengan agenda penyampaian keterangan saksi, Senin (19/8/2013), puluhan anggota Satgas PDIP Kota Jogja memadati Pengadilan Negeri (PN) Bantul.

Wakil Ketua Satgas PDIP Kota Jogja Hendry Hanum Bintoro mengatakan, kehadiran sekitar 60-an orang anggota Satgas itu untuk mendukung penuntasan kasus yang menimpa rekan mereka. “Ini sebagai bentuk dukungan dan solidaritas dari kami,” ujarnya.

Pengerahan anggota Satgas tersebut menurutnya dilakukan setelah tercium indikasi ketidakprofesionalan polisi menangani kasus ini. Alasanya karena lamanya proses hukum kasus tersebut serta tidak transparanya jadwal persidangan.

“Sudah setengah tahun kasus ini tapi kenapa baru sekarang sidang. Bahkan jadwal sidang pertama saja kami dan keluarga tidak tahu,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Bantul AKBP Ihsan Amin membantah polisi tak profesional. Lamanya proses hukum terhadap terdakwa karena polisi tak bisa menangkap pelaku dalam waktu cepat. “Pelaku sulit ditangkap, kami mencari sampai ke Kalimantan,” terang Ihsan.

Soal lamanya perkara itu disidangkan menurutnya karena proses hukum tak semata ditangani polisi. “Prosesnya tidak hanya di polisi tapi juga di kejaksaan baru ke pengadilan,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya