SOLOPOS.COM - Pembukaan Pasar Kangen 2023 di TBY, Kamis (27/7/2023). - Harian Jogja/Stefanie Yulindriani Ria

Solopos.com, JOGJA — Agenda Pasar Kangen kembali digelar untuk masyarakat pada tahun 2023. Gelaran pasar ini mulai digelar pada Kamis (27/7/2023) hingga Sabtu (5/8/2023) di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Kepala TBY, Purwiati, mengatakan tenant yang ada di Pasar Kangen Jogja kali ini sebanyak 85 tenant kuliner dan 85 tenant kerajinan tradisional. Puluhan tenant yang berpartisipasi dalam kegiatan ini merupakan pilihan, karena panitia melakukan seleksi dan kurasi secara ketat.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Dia menyampaikan sebelum puluhan tenant yang terpilih itu, ada 1.800 pelaku usaha yang mendaftar untuk berpartisipasi. Kemudian setelah dilakukan kurasi, terpilih puluhan tenant tersebut.

“Harapan kami dengan proses seleksi yang sangat luar biasa ini, kita telah menyeleksi dengan maksimal,” kata dia di TBY, Kamis.

Purwiati berharap dengan produk makanan dan kerajinan tradisional yang dipasarkan tersebut dapat turut melestarikan dan meningkatkan ketahanan pangan lokal.

“[Pasar Kangen] Dalam rangka ketahanan pangan juga, kemunculan makanan kekinian sudah sangat berbeda dengan zaman dahulu, sehingga dapat mengobati cita rasa masyarakat mengenai pangan lokal, sekaligus menjadi tempat edukasi bagi masyarakat,” katanya.

Dia menyebut event tahunan ini diklaim telah membawa dampak peningkatan ekonomi masyarakat. Dampak perekonomian tersebut dirasakan oleh para tenant yang ikut berpartiispasi dalam event tersebut dan warga di sekitar TBY.

Dengan bertajuk Gandeng Gendong, penyelenggaraan Pasar Kangen Jogja kali ini menurutnya turut merepresentasikan peran pemerintah, swasta dan masyarakat dalam peningkatan perekonomian tersebut.

“Harapan kami ini karena ini memberikan dampak yang luar biasa kepada masyarakat utamanya terkait peningkatan ekonomi masyarakat. Harapan kami dengan tema Gandeng Gendong memberdayakan masyarakat bisa bersama-sama bergotong royong untuk pemberdayaan,” katanya.

Koordinator Pasar Kangen Jogja, Ong Hari Wahyu menyampaikan antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengunjungi Pasar Kangen. Tahun lalu menurut Ong setiap harinya event tersebut dapat mendatangkan sekitar 5.000 pengunjung.

Tingginya jumlah pengunjung Pasar Kangen Jogja tersebut pun membuat omzet tenant yang berjualan disana cukup tinggi. “Pasar kangen untuk ruang kreatif penciptaan. Masyarakat yang mau mengkonsumsi juga peduli pada kebudayaan kita,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pasar Kangen Jogja 2023 Wadah Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya