SOLOPOS.COM - Pawai bregodo di sepanjang Jalan Malioboro sampai Museum Benteng Vrederbug, Jumat (2/9/2016) sore. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Pawai Jogja digelar di sepanjang jalan Malioboro.

Harianjogja.com, JOGJA — Festival Kampung Wisata 2016 dimeriahkan dengan pawai bregodo di sepanjang Jalan Malioboro sampai Museum Benteng Vrederbug, Jumat (2/9/2016) sore. Keberadaan bergodo atau prjurit perang yang menjadi simbol budaya di Jogja itu dinilai menjadi bagian dari penyangga kampung wisata.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Ada 17 kelompok bergodo perwakilan dari 17 kampung menunjukan keunikan dan potensi budaya di kampung masing-masing kampung wisata. Kostum yang digunakan pun cukup unik menyesuaikan dengan kampung wisatanya.

Pawai bergodo ini pun menjadi perhatian warga dan wisatawan di sepanjang Jalan Malioboro, bahkan jalur tersebut sempat tertutup sekitar dua jam. Pawai bergodo ini menjadi pembuka Festival Kampung Wisata yang digelar di Museum Benteng Vrederbur sampai Minggu (4/9/2016).

Masing-masing Kampung Wisata memaerkan hasil produk dan paket wisatanya kepada masyarakat. Selain kampung wisata, ada 17 usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Jogja.

Kepala Bidang Promosi Obyek dan Daya Tarik Wisata, Dins Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jogja, Budi Santoso mengatakan kegiatan tersebut merupakan pengenalan kampung wisata dan UMKM.

“Kegiatan ini bagian dari test case pengelola kampung wisata dalam menerima wisatawan serta ujicoba paket wisata,” kata Budi.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Jogja, Aman Yuriadijaya mengapresiasi eksistensi bregodo di masing-masing kampung wisata. Bregodo, katanya bagian dari kekuatan budaya di Kota Jogja yang bisa mendorong perkembangan kampung wisata.

“Jika setiap kampung wisata mampu menujukkan potensi budayanya, maka kampung wisata akan menjadi salah satu kekuatan strategis dalam pengembangan pariwisata,” kata Aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya