SOLOPOS.COM - Ilustrasi Menu Sarapan (dinesrestaurant.com)

Pekan sarapan nasional, Energen menggelar kampanye

Harianjogja.com, JOGJA--Kepala Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Toto Sudargo mengungkapkan, untuk remaja dan anak-anak, kebutuhan kalori setiap hari 1.900 Kkal hingga 2.100 Kkal sehingga idealnya, sarapan harus memuhi sepertiga dari kebutuhan kalori atau sekitar 600 Kkal.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

“Kalau dibayangkan, nasi 100 gram ditambah telur dadar, satu potong pisang, dan teh manis sudah mewakili,” papar dia ketika ditemui kampanye berjudul Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 di Alun-alun Selatan, Jogja, Minggu (20/3/2016).

Ia mengungkapkan, sudah ada penelitian yang dilakukan dengan mengamati anak-anak yang rutin sarapan selama enam bulan. Hasilnya, ada peningkatan IQ point sebesar 10 hingga 11 IQ point.Oleh karena itu orangtua harus memberikan contoh yang baik kepada anak-anak untuk sarapan dengan menu-menu yang bervariasi sehingga anak tidak bosan.

“Kenapa sebelum pukul 09.00 WIB? Karena kita tidur minimal pukul 22.00 WIB sehingga perut kosong selama delapan hingga 10 jam dan gula darah akan turun,” ungkap dia.

Sarapan juga berfungsi untuk menormalkan gula darah sehingga baik anak-anak maupun orang dewasa bisa berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas. Jika tidak sarapan, biasanya mata akan berkunang-kunang bahkan pingsan.

“Kalau anak-anak pingsan karena belum sarapan itu karena otak kekurangan gula darah, sehingga wajib sarapan. Orang dewasa juga karena beban pekerjaan yang tinggi,” ungkap dia.

Adapun rangkaian acara adalah minum energen bersama yang juga dihadiri Walikota Jogja Haryadi Suyuti dan Ketua PKK Jogja Tri Kirana Muslidatun. Walikota Jogja kemudian melepas rombongan jalan sehat. Ia berharap masyarakat melakukan sarapan rutin dan menjaga kesehatan.

Salah satu peserta jalan sehat Surami mengaku selalu sarapan dengan rutin setiap pagi. Ia melakukannya sebelum pukul 09.00 WIB karena sudah menjadi kebiasaan. Setelah sarapan, ia baru memulai aktivitas sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya