SOLOPOS.COM - Seorang warga memanfaatkan Pelabuhan Tanjung Adikarto di Karangwuni, Wates, Kulonprogo sebagai tempat memancing kepiting, Senin (3/4/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Pelabuhan Tanjung Adikarto diharapkan dapat segera dimanfaatkan.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta pemerintah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta segera membuat kajian dan perencanaan matang, untuk menyelesaikan Pelabuhan Tanjung Adikarto.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Baca Juga : Terancam Mangkrak, Pelabuhan Tanjung Adikarto Jadi Tempat Memancing dan Piknik

Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kulonprogo, Muhtarom Asrori mengatakan kajian dan pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto saat ini berada dalam kondisi tidak jelas.

Padahal menurutnya, bila memang penataan tidak bisa dilakukan, maka pelabuhan bisa dibuat sebagai dermaga, sebagai pendukung wisata di Glagah. Terlebih bila di pelabuhan terus terjadi penumpukan pasir, dan memunculkan biaya yang besar bila dilakukan pengerukan.

Karena ia menilai, Glagah lebih indah dengan adanya tumpukan batu sebagai pemencah ombak. Selain itu, agar perahu-perahu nelayan bisa masuk dermaga dan sekaligus dermaga bisa difungsikan. Namun kembali ia tegaskan, kajian dan perencanaan tadi perlu dibuat secara matang.

“Pemecah ombak perlu ada penataan kawasan, tidak seperti yang ada saat ini. Pemecah ombak tidak tertata dengan baik, dan mudah ambles diterpa gelombang,” ujarnya, Selasa (4/7/2017).

Muhtarom juga menyoroti persoalan kawasan Glagah yang kini menjadi tempat pembuangan sampah oleh pelaku wisata. Dan membuat bau tidak sedap, serta merusak pemandangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya