SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dukedoor.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dukedoor.com)

JOGJA—Pelantikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dijadwalkan Rabu  (10/10/2012) berdampak pada tingkat hunian atau okupansi hotel-hotel berbintang di wilayah Ring I yang dekat dengan Malioboro dan Gedung Agung. Sejumlah hotel berbintang di tempat ini sudah terisi penuh terutama dipesan para tamu undangan pelantikan.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Sejumlah hotel berbintang yang telah full okupansi-nya antara lain Hotel Melia Purosani, The Phoenix Hotel dan Hotel Santika. Keberadaan ke tiga hotel ini memang hanya berjarak beberapa kilometer dari lokasi pelantikan di Gedung Agung. Sehingga kerap menjadi rujukan penginapan.

Public Relations Hotel Melia Purosani, R. Sava Danang, Selasa (9/10/2012) mengatakan, okupansi hotelnya telah mecapai 100% atau full booked terhitung Selasa-Kamis (9-11/10/2012). Kebanyakan tamu yang memesan kamar adalah para pejabat yang merupakan tamu undangan pelantikan.

“Sudah sejak semalam ramai yang pesan. Kebanyakan dari Jakarta tamu pelantikan gubernur,” terangnya. Tak hanya menyiapkan penginapan, manajemen Melia Purosani juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengamankan lokasi penginapan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab menuturkan, bulan ini memang banyak kegiatan Meeting Incentive Conference and Exhibiton (MICE) digelar di Jogja sehingga mendongkrak okupansi penginapan terutama hotel berbintang. “Nggak hanya karena pelantikan gubernur, karena banyak kegiatan MICE di bulan ini,” tutur Istidjab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya