SOLOPOS.COM - Ilustrasi pos kamling (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN—Menjelang pelantikan Presiden yang bakal digelar pada 20 Oktober 2014 mendatang, Polres Sleman mengerahkan sekitar 400 anggota Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) dari seluruh kecamatan untuk turut serta mengamankan wilayah Sleman.

Seluruh anggota Poskamling tersebut mulai diapelkan di halaman Mapolres Sleman, Senin (13/10/2014).

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Kapolres Sleman, AKBP Ihsan Amin mengatakan, harapannya agar seluruh personel Poskamling dapat turut serta menciptakan suasana kondusif jelang pelantikan Presiden.

Pasalnya personel dalam sebuah poskamling dinilai paling mengetahui segala bentuk kerawanan di level paling bawah, terutama di tingkat RT di tiap pedusunan.

Melalui 400 anggota Poskamling yang dikerahkan, lanjutnya, diharapkan segala deteksi dini yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dapat teratasi. Mereka diharapkan dapat melakukan pencegahan terhadapa persoalan gangguan kamtibmas dalam skala kecil agar tidak meluas menjadi besar.

“Seluruh Kaposkamling ada 400, masih bersama polisi dan TNI khususnya saat pelantikan presiden. Kami sadari bahwa penanganan masalah tidak selalu melalui proses penegakan hukum tapi melalui penyelesaian sampai akar. Kaposkamling ini banyak membantu dalam hal ini masalah di bawah tingkat bawah agar tidak menjadi masalah lebih besar,” ungkapnya, Senin (13/10/2014).

Menurutnya, saat ini situasi di Sleman masih kondusif. Belum tercium akan adanya gerakan yang dapat menganggu kamtibmas.

Sementara itu Bupati Sleman Sri Purnomo turut mengimbau kepada seluruh masyarakat agar turut serta menciptakan keamanan jelang pelantikan presiden.

“Presiden sudah terpilih jadi marilah kita selalu menghargai satu sama lain, menjaga suasana Sleman agar tetap kondusif dan hidup rukun,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya