SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Gunungkidul segera membangun 22 kios di kawasan Terminal Dhaksinarga di Desa Selang, Kecamatan Wonosari. Pembangunan 22 kios dengan dana Rp180 juta itu akan dimulai April mendatang.

Sekretaris Dishubkominfo Gunungkidul Budi Santoso mengatakan Dishubkominfo sudah survei untuk pembangunan kios. Saat ini Dishubkominfo masih menampung masukan dan saran dari pengelola terminal termasuk paguyuban awak bis malam (Bisma).

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Kios yang akan dibangun itu merupakan jatah relokasi pedagang yang dulu berjualan di terminal lama Baleharjo. Adapun, lokasi pembangunannya tidak dikumpulkan menjadi satu.

“Ada beberapa kios bekas penjualan tiket yang akan direhab menjadi kios untuk pedagang karena memang terlalu banyak kios tiket,” kata Budi, Jumat (28/2/2014).

Beberapa pedagang makanan yang saat ini menempati sekitar lokasi kedatangan penumpang terminal juga akan ditempatkan di lokasi khusus untuk kenyamanan para penumpang.

“Kemungkinan untuk pedagang makanan nanti akan menempati kios bawah [selatan terminal],” ucap Budi.

Selain membangun kios, mulai April Dishubkominfo juga akan memperbaiki sarana dan prasarana terminal yang sekarang mengalami kerusakan seperti jebolnya penutup selokan di lokasi pemberhentian bus malam dan kerusakan atap terminal.

“Untuk pemeliharaan sarana dan prasaranan anggarannya Rp60 juta,” tegas Budi.

Mantan Kepala Satpol PP ini mengakui lambatnya perbaikan sarana terminal karena sampai saat ini terminal tipe A itu masih menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Pengurus Perserikatan Unit Kerja (PUK) Terminal Dhaksinarga Budiono mengatakan sejumlah pedagang diakuinya sudah lama menanti pengadaan kios.

Dia berharap pembangunan kios juga memperhatikan lokasi yang strategis agar tidak ada iri antar-pedagang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya