SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan (JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana)

Pembangunan Bantul tahun ini, di antaranya berhasil menyelesaikan 100 ruas jalan desa

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merealisasikan pembangunan sekitar 100 ruas jalan desa selama 2015.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Tahun ini kami ada anggaran sekitar Rp55 miliar untuk pembangunan jalan desa, lokasinya ada seratus lebih, dan itu (pembangunan) seluruhnya sudah selesai Desember ini,” kata Kepala Dinas PU Bantul Heru Suhadi di Bantul, Senin (28/12/2015).

Menurut dia, pembangunan jalan desa yang menyebar di 17 kecamatan se-Bantul tersebut bertujuan untuk menyediakan akses transportasi perdesaan, penghubung antardesa dan mendukung kegiatan perekonomian masyarat desa.

Ia mengatakan, jumlah ruas jalan desa yang dibangun di setiap kecamatan berbeda tergantung luas dan kebutuhan, namun rata-rata sebanyak 10 sampai 12 ruas, namun ada salah kecamatan yaitu Kecamatan Banguntapan yang jumlah mencapai 22 lokasi.

“Panjang jalan ada yang puluhan meter, namun ada yang sampai 200 meter, karena ada jalan yang panjangnya tidak menjadi satu dengan ruas jalan lain, tergantung kebutuhan,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Heru mengatakan, setelah pemerintah daerah melakukan pembangunan jalan desa, maka selanjutnya diserahkan kepada masyarakat desa untuk dijaga dari kerusakan dan pemeliharaannya diserahkan kepada pemerintah desa setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya