SOLOPOS.COM - Ilustrasi penelitian (JIBI/Solopos/Dok.)

Penelitian ilustrasi

JOGJA—Dewan riset mendorong Pemerintah Provinsi DIY untuk melaksanakan pembangunan berbasis penelitian.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi II Dewan Riset Daerah Provinsi DIY Bidang Kesehatan Pelayanan Publik dan Pemberdayaan Masyarakat, Nyoman Kertia, seusai bertemu Gubernur DIY, Sri Sultan Hamegku Buwono X di Kepatihan, Kamis (19/4).

“Pembangunan berbasis riset inovasinya harus selaras dengan pembangunan di DIY. Untuk itu salah satu agenda pertemuan dengan Pak Gubernur tadi mempertemukan program riset Fakultas Kedokteran UGM dan RSUP Dr Sardjito dengan Pemda,” katanya.

Ia mencontohkan, riset tentang kesehatan karena erat hubungannya dengan masyarakat. Salah satu bagian yang didorong adalah tentang kesehatan ibu dan anak Demam Berdarah Dengue (DBD) dan pengembangan pusat kanker internasional.

Ia berharap riset tidak hanya milik Fakultas Kedokteran saja tetapi bisa masuk ke tingkat pemerintah daerah Kabupatan kota dan masyarakat. Dengan begitu diharakpkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan demam berdarah dan penyebarannya mengingat penyakit jenis ini sudah merenggut banyak nyawa. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya