SOLOPOS.COM - Tampak depan Gedung DPRD Provinsi DIY. (Antaranews.com)

Solopos.com, JOGJA — Gedung DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta akan dipindah di Jalan Kenari, Kota Jogja. Pembangunan gedung wakil rakyat itu ditargetkan dimulai awal 2024. Untuk saat ini, proyek tersebut masih dalam tahap perancangan anlisis dampak lingkungan (Andal).

“Ini kan perencanaan detail engineering design [DED] sudah dilakukan. Artinya tahun ini sudah ada anggaran untuk kami buat dokumen lingkungan berupa Andal yang mudah-mudahan tahun ini selesai,” kata Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana saat dihubungi melalui telepon, Selasa (15/8/2023) siang.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Dia menyampaikan dokumen andal tersebut akan rampung akhir tahun ini. Sedangkan untuk DED yang dirancang sejak 2022 telah rampung dibuat. DED tersebut menjadi dasar bagi pengkajian terkait Andal gedung DPRD DIY yang bakal dibangun.

“Pembangunan gedung itu harus ada dokumen lingkungan yang selesai sebelum pembangunannya. Jadi kami berharap pembangunan itu nanti izin-izinnya sudah klir di awal,” ujar dia.

Huda pun berharap dokumen Andal dapat segera rampung sehingga dapat menjadi dasar untuk melakukan pekerjaan konstruksi pembangunan Gedung DPRD DIY pada awal 2024.

Mengenai anggaran proyek itu, Huda menyampaikan pembiayaan pembangunan gedung DPRD DIY masih dirancang dengan sistem multiyears atau kegiatan tahunan jamak. Dalam mekanisme pembiayaan tersebut pelaksanaan pekerjaan akan mengikat dana anggaran untuk masa lebih dari satu tahun anggaran yang dilaksanakan dan dibiayai melalui APBD DIY.

Besar anggaran yang akan dialokasikan untuk pembangunan tersebut, menurut Huda, baru akan diketahui setelah pembahasan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) pada Oktober 2023 mendatang.

“Pakai APBD, nanti semua pakai APBD dengan sistem kegiatan tahunan jamak atau multiyears supaya bisa memudahkan teman-temen melakukan administrasi pembangunannya,” katanya.

Pembangunan gedung DPRD dengan mekanisme pembiayaan tersebut pun ditargetkan akan rampung maksimal tiga tahun.

“Pembangunannya diharapkan nanti maksimal tiga tahun. Namun, nanti [masa pelaksanaan] dua atau tiga tahun dan berapa anggaran baru kami bahas setelah pembahasan anggaran di DPRD DIY selesai,” katanya.

Diketahui, gedung DPRD DIY akan direlokasi di Jalan Kenari, tepatnya di depan kantor BPBD DIY di atas lahan seluas lima hektare milik Pemda DIY. Relokasi tersebut pun dilakukan karena gedung DPRD DIY saat ini masuk dalam perencanaan Jogja Planning Gallery (JPG).

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kantor DPRD DIY Dipindah ke Jl. Kenari, Pembangunan Dimulai Awal 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya