SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto Nelayan Pantai Sadeng Gunungkidul  (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Foto Nelayan Pantai Sadeng Gunungkidul
(JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pemberdayaan nelayan digalakkan Pemda DIY. Salah satunya dengan menyediakan kapal besar berukuran 60 grosston

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

 

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemda DIY tengah menggalakkan program pemberdayaan nelayan. Salah satu upayanya adalah menyediakan kapal besar berukuran 60 gross tonage (GT) di tengah laut.

Kepala DKP DIY, Andung Priyanto, mengatakan kapal besar di tengah laut itu nantinya yang akan mengelola tangkapan ikan-ikan berukuran besar kualitas ekspor. Kemudian nelayan akan mengambilnya dengan kapal-kapal kecil ke tengah laut.

Menurut Andung, upaya itu dilakukan agar nelayan DIY mendapatkan ikan yang berkualitas ekspor. Diakuinya, selama ini nelayan DIY mampu berlama-lama dilaut. “Paling lima sampai enam hari nanti nelayan akan mengambil dari kapal besar,” kata Andung, saat dihubungi Rabu (3/5)

Saat disinggung siapa yang akan mengelola kapal besar itu, Andung mengaku program itu masih dalam tataran konsep dan masih akan dibahas kembali dengan melibatkan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), Balai Teknologi Survei Kelautan, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Masih dikaji profitnya apakah dikelola swasta, koperasi nelayan, atau Pemda DIY,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya