SOLOPOS.COM - Ilustrasi (pedulisehati.com)

Pemda DIY mendorong pencapaian target pertumbuhan ekonomi.

Harianjogja.com, JOGJA-Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono mengatakan penyerahan 425 Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) DIY senilai Rp8,79 triliun sengaja dipercepat untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% yang ditetapkan pemerintah untuk tahun 2016. Jumlah itu menurutnya turun dibandingkan target 2015 sebesar 5,5% tetapi lebih realistis untuk dicapai.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Pencairan DIPA yang lebih dini ini dinilainya bisa membantu mencapai target pertumbuhan ekonomi itu. Pasalnya salah satu faktor penggerak ekonomi adalah dari belanja pemerintah. Pencapaian pertumbuhan ekonomi akan ditentukan lwat sejauh mana kualitas belanja pemerintah dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

“Karenanya proses penyelesain DIPA diupayakan rampung sesegera mungkin sehingga pengadaan barang dan jasa sebagai pencairan APBN dapat dilakukan sedini mungkin,” papar dia, Senin (21/12/2015)

Lebih lanjut, Marwanto menyarankan seluruh Kuasa Pengguna Anggaran segera melakukan tender lelang dengan mengandalkan teknologi baru seperti proses tender dan pemilihan barang berbasis Teknologi Informasi.

“Semakin awal pemerintah melakukan transaksi, semakin pasti pekerjaan selesai dalam waktu yang ditentukan dan semakin besar hasil yang bisa dicapai,” imbuh Marwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya