SOLOPOS.COM - Ilustrasi DPT (JIBIHarian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Komisi Pemilihan Umum Gunungkidul kembali mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil validasi bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara(PPS) Panitia Pengawas Pemilu (panwaslu) dan partai Politik, Jumat (17/1/2014).

Hasilnya ada penyusutan DPT ganda sebanyak 597 dan 1.011 DPT diketahui meninggal dunia. Jumlah total DPT yang menyusut 1.608 jiwa.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Ketua KPU Gunungkidul M Zainuri Ichsan setelah ada temuan DPT ganda dari KPU pusat, pihaknya langsung melakukan validasi ke lapangan dan menemukan 597 dari total 2.065 dari DPT ganda.

“Hasil validasi PPS dan PPK menemukan 597 DPT ganda dan 1.011 DPT yang sudah meninggal dunia,” kata Zainuri.

Meski demikian, kata Zainuri, bagi warga yang belum terdaftar dalam DPT, KPU masih mengakomodir hak pilihnya sampai 26 maret mendatang dengan daftar pemilih khusus.

“Kalau sampai batas 26 Maret masih ada yang belum terakomodasi juga masih akan disediakan daftar pemilih khusus tambahan sampai H-7,” papar Zainuri.

Zainuri menambahkan, hingga saat ini KPU Gunungkidul belum mendapatkan kepastian pengiriman surat suara. Sebab, kata dia, cetak surat suara landasannya adalah jumlah DPT per November tahun lalu.

Sementara Ketua panwaslu Gunungkidul Buchori Ichsan mengatakan, masih ada kemungkinan DPT bisa berubah mengingat ada banyak temuan dari KPU Pusat. Panwaslu akan terus mengawal DPT sampat tahap pencoblosan nanti.

Dengan diperbaharuinya DPT, maka saat ini jumlah DPT untuk pemilu 9 April mendatang sebanyak 591.600 dari jumlah sebelumnya 593.208.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya