SOLOPOS.COM - Ilustrasi daftar calon anggota legislatif (caleg). (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Masyarakat diimbau memilih calon presiden (capres) dan calon anggota legislatif (caleg) yang pro pada isu-isu lingkungan.

Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Satyawan Pudyatmoko mengatakan belum ada anggota legislatif ataupun caleg yang benar-benar pro untuk mencegah pemanasan global.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Secara eksplisit, saya belum melihat caleg yang pro untuk melindungi lingkungan dari isu pemanasan global itu. Banyak politikus yang tidak peduli kepada isu-isu lingkungan,” kritik Satyawan di sela seminar Perspektif Baru Road Show to Campus bertema Pemanasan Global Isu Strategis di Pemilu 2014, di Fakultas Kehutanan UGM, Selasa (1/10/2013).

Pemanasan global, kata Setyawan, memunculkan perubahan iklim cepat. Kenaikan temperatur dan tekanan angin rendah. Bencana hidrometeorologi banjir, longsor, puting beliung, dan gelombang tinggi marak terjadi.

“Cermati track record para caleg. Apakah termasuk orang-orang yang merusak hutan atau tidak. Banyak caleg yang senang memberi janji-janji,” kata Direktur Eksekutif Walhi Abetnego Tarigan, mengingatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya