SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu 2014 (Dok/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN–Lowongan pemantau Pemilu 2014 di Sleman masih sepi pendaftar. Bahkan meski pendaftaran sudah diperpanjang, baru ada tiga pendaftar dari 55 pemantau yang dibutuhkan.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Humas KPU Sleman, Indah Sriwulandari mengatakan, KPU Sleman membuka pendaftaran pemantau Pemilu sejak 21-28 November 2013. Karena minim pendaftar, jadwal diperpanjang hingga 6 Desember 2013, namun tetap saja sepi.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

“Sampai hari ini masih saja sepi. Ini masih ada tiga pendaftar yang berasal dari perorangan. Kami belum tahu harus memperpanjang lagi atau tidak,” kata Indah di kantornya KPU Sleman, Jumat (6/12/2013).

Sepinya pendaftar tersebut ditengarai lantaran tidak ada honor bagi pemantau. Indah mengaku sudah mengumumkan pendaftaran melalui situs resmi KPU hingga media sosial. KPU Sleman juga mengirimkan surat kepada delapan perguruan tinggi untuk berpartisipasi menjadi pemantau pemilu.

Indah mengatakan, tugas pemantau ini memantau pemilu hingga pengambilan sumpah jabatan anggota legislatif. Nantinya mereka akan melaporkan temuan penyelewengan proses pemilu kepada KPU Sleman.

“Misalnya ada temuan money politic ataupun jual-beli suara, itu harus dilaporkan ke KPU. Ini tugas yang sangat penting namun memang tidak ada honor,” jelas Indah.

Selain pemantau, KPU Sleman juga merekrut relawan yang bertugas dalam sosialisasi dan pendidikan pemilu kepada masyarakat. Sebanyak 25 orang telah mendaftar menjadi anggota relawan demokrasi.

Ketua KPU Sleman, Ahmad Shidqi mengatakan untuk relawan demokrasi ini ada honor setelah melakukan tugasnya.

“Lantaran hal itu, KPU tidak kesulitan mendapatkan relawan. Para relawan demokrasi akan memberikan sosialisasi pemilu hingga April tahun depan,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya