SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemutakhiran data pemilih (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Jogja bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) berupaya menyisir asrama mahasiswa luar daerah di kota ini untuk pencermatan pendataan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014.

“Panwaslu Kota Jogja dalam melakukan pengawasan berkaitan DPT melakukan penyisiran asrama mahasiwa luar daerah karena diduga banyak yang belum masuk dalam DPT,” kata Ketua Panwaslu Kota Jogja, Agus Triyatno di Jogja, Sabtu (5/10/2013).

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Dalam melakukan penyisiran ke asrama mahasiswa luar daerah tersebut, pihaknya dibantu oleh Panwascam dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) d tingkat kelurahan.

“Mahasiwa luar daerah yang studi di Kota Jogja memang banyak jumlahnya yang merasa belum terdaftar dalam DPT terutama mereka yang baru masuk kuliah mulai tahun ini,”katanya.

Padahal, kata Agus, mereka berencana memberikan hak pilihnya di kota Jogja. Mahasiswa baru tersebut masuk kuliah beberapa bulan terakhir, padahal pendaftaran pemilih sudah sejak April tahun lalu.

“Para mahasiwa asal luar daerah tersebut rata-rata tidak akan pulang ke kampung halamannya pada saat pelaksanaan Pemilu 2014 untuk memberikan hak suaranya di sana, namun akan memberikan hak pilihnya di Kota Jogja,”katanya.

Ia menyebutkan contoh asrama mahasiswa Kalimantan Barat yang lokasinya di kawasan Bintaran, tercatat dihuni 40 mahasiswa, dan 20 orang di antaranya adalah mahasiswa baru yang belum masuk DPT tapi berkeinginan menyalurkan hak pilihnya di Jogja.

“Penyisiran tersebut diharapkan dapat mengumpulkan data mahasiswa yangang belum terdaftar tersebut untuk dikirim ke KPU setempat agar didaftar sebagai pemilih dalam Pemilu 2014 di Yogyakarta.

“Diharapkan penyisiran tersebut sebelum 13 Oktober sudah selesai dan datanya segera dkirim ke KPU Kota Jogja. Kami yakin Panwascam dan PPL akan menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu karena mereka menguasai wilayah kerjanya sehingga akan mengetahui lokasi asrama luar daerah yang harus didatangi,”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya