SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Seorang siswa mengikuti program Pemilu Osis yang digelar KPU Bantul, Rabu (25/9/2013).

Seorang siswa mengikuti program Pemilu Osis yang digelar KPU Bantul, Rabu (25/9/2013).

Harian Jogja.com, BANTUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul menggelar Pemilu Osis (Pemilos) serentak yang diikuti 30.000 pelajar di daerah ini, Rabu (25/9/2013).

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Ketua KPU Bantul, Budi Wiryawan, mengatakan, tujuan pesta demokrasi di kalangan pelajar itu untuk menggenjot jumlah pemilih pemula pada Pemilu 2014.

“Ini jadi ajang pelatihan sistem demokrasi bagi pemula,” kata Budi di sela-sela kunjungan komisioner KPU pusat di SMKN 1 Bantul.

Pemilos dinilai efektif mengenalkan tentang pemilu ke kalangan pemilih pemula. Kegiatan ini juga sebagai salah satu cara mendongkrak jumlah pemilih pada Pemilu 2014. Mengingat jumlah pemilih pada setiap pemilu terus menurun.

Komisioner KPU, Sigit Pamungkas, mengatakan, pada  2004, kepesertaan pemilih hanya 80% dari daftar pemilih tetap (DPT), menurun dibanding 1999 sekitar 90%. Sementara pada 2009 anjlok mencapai 70%.

“Tahun 2014 nanti, kami khawatir kepesertaan pemilih hanya tinggal 60 persen,” ujar Sigit.

Rendahnya tingkat partisipasi pemilih ditengarai karena buruknya kinerja lembaga negara sehingga menurunkan kepercayaan publik untuk berpartisipasi dalam politik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya