SOLOPOS.COM - Ilustrasi diorama tempat pemungutan suara pemilihan umum (TPS pemilu). (JIBI/Bisnis/Rachman)

Foto Ilustrasi
JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Tiga nama dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu 2014 akan diganti lantaran meninggal dan mengundurkan diri.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Bambang Sukemi mengatakan ketiga DCS yang akan diganti yakni dari Partai Nasdem (dua orang) dan PBB (satu orang).

Kader Partai Nasdem yakni T Sujoko di Dapil satu meninggal Minggu (29/7/2013) sehingga harus diganti. Namun, belum ada calon pengganti yang diajukan.

Sementara itu, satu kader perempuan dari Nasdem, Sularti dari Dapil empat mengundurkan diri dengan alasan memiliki kesibukan lain. Adapun calon pengganti yang diajukan yakni Sri Sudarni.

“DCS dari PBB yang mundur yakni Indri Nofianti dari Dapil satu juga dengan alasan yang sama. Calon pengganti yang diajukan yakni Salamah Kusniyati,” papar dia kepada Harianjogja.com, Senin (29/7/2013) di KPU Gunungkidul.

Bambang menambahkan kedua partai telah melampirkan persyaratan. Namun, KPU Gunungkidul masih akan melakukan verifikasi persyaratan. Partai masih memiliki kesempatan untuk melengkapi persyaratan ketika ternyata masih kurang sampai penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) 24 Agustus mendatang.

Kasubbag Hukum KPU Gunungkidul, Agung P Mintarto mengatakan selama masa DCS kader laki-laki masih bisa diganti karena meninggal. Namun kader laki-laki tidak boleh mengundurkan diri.

“Sedangkan ketika ada kader perempuan yang mundur, partai boleh mencari pengganti karena bisa mempengaruhi keterwakilan perempuan,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya