SOLOPOS.COM - AKSI TOLERANSI BERAGAMA

Pemkab Gunungkidul, Camat Saptosari gagas forum keberagaman

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Isu persatuan dan kesatuan menjadi pembahasan yang menarik di akhir-akhir ini. Guna mengantisipasi adanya perpecahan, Pemerintah Kecamatan Saptosari mengukuhkan forum kebhinekaan. Tugas dari forum itu, salah satunya menjaga persatuan dan kesatuan di republik ini.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Pengukuhan Forum Kebhinekaan dilakukan di aula Kecamatan Saptosari, Rabu (26/7/2017) yang dikukuhkan langsung oleh Camat Saptosari, Jarot Hadiatmojo. Dalam kesempatan itu, Jarot meminta kepada Forum Kebhinekaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan, demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut dia, kondisi masyarakat sangatlah beragam sehingga perbedaan tersebut harus menjadi khasanah dan bukan dijadikan alat sebagai sarana memecah belah persatuan bangsa.

“Kita hidup dalam keberagaman mulai dari suku, agama dan ras yang berbeda-beda. Jadi perbedaan itu harus dijadikan sarana untuk penguatan dalam pembagunan,” kata Jarot, Rabu kemarin.

Dia pun berharap, masyarakat di Saptosari tidak terpengaruh terhadap isu yang berkembang sehingga dapat memecah persatuan dan kesatuan.

“Situasi yang telah terkondisi dengan baik harus dijaga. Jangan sampai ada masalah yang dapat memecah belah persatuan. Saya pun berharap semua ormas yang ada di wilayah kecamatan Saptosari harus bersatu dan saling menjaga stabilitas bangsa dengan memperkuat nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Kegiatan pengukuhan Forum Kebhinekaan tidak hanya dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Saptosari. Namun acara tersebut juga melibatkan Kepala Desa dan 70 personel dari perwakilan ormas di Kecamatan Saptosari.

Wakil Ketua Forum Kebhinekaan Saptosari Sidig Triyono mengatakan, pengukuhan forum sebagai langkah awal menyatukan langkah dan pandangan dalam kehidupan dalam menjaga tegaknya kedaulatan NKRI. Ke depannya, anggota forum akan di bekali dengan pemantapan Wawasan Negara dan 4 pilar kebangsaan.

“Mudah-mudahan forum ini dapat memberikan peran dalam menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya di wilayah Saptosari,” katanya.

Menurut dia, persatuan dan kesatuan harus terus dijaga sehingga tidak ada perpencahan yang dapat berujung pada stabilitas NKRI. “Kami akan meminimalisir adanya isu-isu yang dapat memecah persatuan di tengah-tengah kondisi masyarakat yang sangat beragam,” tegasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya