SOLOPOS.COM - Calon penumpang di Terminal Dhaksinarga Gunungkidul (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak bisa mencegah warganya untuk melakukan urbanisasi tenaga kerja.

Bupati Gunungkidul Badingah Senin mengatakan pihaknya tidak kuasa melarang warganya untuk pergi merantau atau urbanisasi setelah Idul Fitri 2014.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

“Tidak ada larangan untuk membawa sanak saudara, namun kami juga berharap agar yang merantau memiliki keahlian khusus,” katanya, Senin (4/8/2014).

Ia mengatakan pemkab sudah berusaha untuk memberikan keterampilan bagi masyarakat, untuk menambah keterampilan bagi masyarakat yang ingin merantau.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melatih keahlian bagi masyarakat yang ingin merantau karena kasihan jika sampai di sana,” kata dia.

Menurut Badingah, di Gunungkidul sendiri saat ini banyak lapangan pekerjaan karena meningkatnya kujungan wisatawan.

“Sektor pariwisata saat ini mempunyai prospek cerah untuk bisa berkembang lebih besar lagi, sehingga berdampak pada penyerapan tenaga kerja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya