SOLOPOS.COM - Ilustrasi gamelan (Jambitourism.co.id)

ilustrasi (jambitourism.co.id)

SLEMAN—Panitia peringatan hari jadi ke-96 Kabupaten Sleman menggelar lomba karawitan antarkecamatan se-Sleman. Lomba yang diikuti 11 kecamatan ini diadakan di Gedung Serbaguna pada Rabu (9/5).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Kepala Humas Pemkab Sleman, Endah Sri Widiastuti menuturkan, lomba bertujuan untuk menggali kembali semangat kebersamaan dalam iklim kompetisi di kalangan seniman karawitan. Ajang itu juga dijadikan untuk pembinaan, pengembangan dan pelestarian kesenian daerah.

“Seni karawitan kini sudah mulai ditinggalkan. Maka diadakan lomba ini agar kembali muncul kecintaan masyarakat terhadap seni tradisi yang adiluhung, khususnya seni karawitan,” kata Endah, Kamis (10/5)

Endah menambahkan, kegiatan ini juga mendukung gerakan pencanangan kecamatan sebagai pusat pengembangan seni budaya.

“Semua peserta di sini menampilkan dua gending, yakni Sleman Sembada yang diawali dengan bowo sekar Mijil Loro Mangkrong Selendro Patet 9 dan Ladaran Sri Karongron Selendro Patet 9,” tambahnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya