SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Bisnis)

Pemkot Jogja berencana membangun ruang pendingin dan pembekuan ikan.

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja berencana membangun cold storage atau ruang pendingin dan pembekuan untuk menampung ikan segar .

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

“Perencanaannya sudah matang. Tahun ini kami targetkan cold storage terwujud,” kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Sugeng Darmanto, Jumat (6/1/2017).

Sugeng mengatakan rencana itu sebenarnya diwujudkan pada 2016 atau saat Dinas Pertanian dan Pangan masih dibawah Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Pertanian, dan Perikanan (Disperindagkoptan). Bahkan, saat itu, kata dua, sudah ada pemenang lelang proyek pembangunan cold storage.

Namun proyek itu gagal karena dana alokasi khusus (DAK) Urusan Pertanian dan Perikanan dari pusat tidak cair, bersamaan dengan program penghematan APBN. Proyek yang membutuhkan dana Rp3 miliar itu pun harus tertunda.

Tahun ini, pihaknya kembali menganggarkan proyek tersebut dengan sumber dana yang sama. Sugeng berharap cold storage bisa terwujud tahun ini. Rencananya cold storage berdaya tampung 100 ton ikan segar akan ditempatkan di sebelah Pasar Ikan Higienis Giwangan, karena pasar itu selama ini juga menjadi pusat penjualan ikan segar dan ikan hias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya