SOLOPOS.COM - Lokasi pelaksanaan event pasar malam Tugu Jogja Expo di Jalan Mangkubumi, kawasan Malioboro. / Istimewa.

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja mengultimatum penyelenggara Tugu Jogja Expo (TJP) supaya menghentikan kegiatan yang digelar di sumbu filosofi. Pemkot menegaskan kegiatan tak berizin itu harus dihentikan paling lambat Jumat (16/12/2022).

Peringatan ini sebagai buntut kegiatan THE yang belum menagntongi izin dari pemerintah.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Pelaksana Tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja, Octo Noor Arafat, mengatakan pihaknya telah mengirim surat kepada penyelenggara event Tugu Jogja Expo agar segera menghentikan operasional kegiatan itu. Surat peringatan tersebut disampaikan pada Kamis (15/12/2022).

Octo menuturkan penghentian kegiatan itu berdasarkan rekomendasi sejumlah instansi yang membawahi kawasan cagar budaya sumbu filosofi yang sebelum kegiatan itu dimulai memang tidak memberikan izin. Hal itu tertuang dalam surat UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Nomor 435/486 yang dikeluarkan pada 8 Desember lalu perihal jawaban atas rekomendasi kegiatan THE.

Selanjutnya rekomenasi dari Balai Pengelolaan Kawasan Sumbu Filosofi DIY juga tidak merekomendasikan kegiatan TJE yang dibuktikan dengan surat Nomor 430/107955 pada 9 Desember 2022.

Baca Juga: Ngeri! 2 Truk & 1 Motor Penambang Terjebak Lahar Hujan di Lereng Gunung Merapi

Dua instansi itu menilai bahwa kegiatan THE berpotensi mengganggu Kawasan Cagar Budaya Sumbu Filosofi dan membuat kemacetan serta kepadatan di area sekitarnya.

“Kami melaksanakan sesuai ketugasan saja dengan menindaklanjuti rekomendasi sejumlah instansi yang dikeluarkan sebelumnya,” kata Octo, Jumat (16/12/2022).

Ketua Penyelenggara TJE Widihasto Wasana Putra menyampaikan pemerintah tidak mengeluarkan rekomendasi izin untuk event TJE karena memiliki cara pandang yang cenderung sepihak. Dia mengklaim pihaknya tidak pernah dimintai keterangan untuk menjelaskan mengenai event THE baik itu potensi sosialnya akan seperti apa, konsep, maupun dampaknya.

Baca Juga: Tragis, Remaja 16 Tahun Ditemukan Meninggal Tertabrak KA Lodaya di Kulonprogo

“Pertanyaan kami adalah jika event TJE dituding akan menjadi penyebab faktor kemacetan di sumbu filosofi secara faktual kawasan Tugu-Margo Utomo-Stasiun-Malioboro-tersebut sehari-hari sudah padat kendaraan terlebih saat musim liburan kawasan ini selalu macet,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sat Pol PP Jogja Ultimatum Penyelenggara Setop Event TJE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya