SOLOPOS.COM - Pemerintah membuka pendaftaran PPPK tenaga teknis umum 2022. (Dok/Solopos.com)

Solopos.com, JOGJA – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengajukan usulan 2.944 formasi untuk kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) pada tahun anggaran 2024. Ribuan formasi yang diajukan itu untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Amin Purwani, mengatakan usulan itu telah disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada 30 April 2024.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

“Kami sudah mengusulkan dengan surat pertanggungjawaban usulan ditandatangani sekretaris daerah [sekda] dan sudah kami kirim,” kata Amin, Sabtu (4/5/2024).

Dia menuturkan sebanyak 2.944 formasi itu terdiri dari 354 formasi CPNS dan 2.590 formasi untuk PPPK.

Menurut dia, sebanyak 354 CPNS yang diusulkan seluruhnya untuk formasi tenaga teknis, sedangkan 2.590 PPPK terdiri atas 184 guru dan 2.406 tenaga teknis.

Dia mengatakan berdasarkan Undang-Undang (UU) ASN tidak ada lagi perekrutan tenaga honorer atau tenaga bantu.

Karena itu, formasi PPPK tahun ini dikhususkan bagi tenaga honorer di lingkungan Pemda DIY dengan masa kerja minimal 2 tahun yang telah masuk dalam basis data di KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN)

“Yang formasi 2.590 PPPK itu untuk tenaga bantu [honorer] kita. Kita usulkan semua tenaga bantu yang sudah terdaftar di KemenPAN-RB dan BKN,” kata dia yang dikutip dari Antara.

Amin memastikan rincian jumlah formasi yang diusulkan tersebut disusun berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 173 Tahun 2024.

“Untuk persetujuan kami masih menunggu, tetapi ‘coaching clinic’ [pengusulan kebutuhan ASN] untuk wilayah I termasuk DIY baru dimulai tanggal tanggal 5 sampai 8 Mei besok,” ujar dia.

Amin pun menjamin tidak ada peluang “titipan” dalam seleksi penerimaan CPNS 2024 di DIY.

“Semua transparan karena hasil dari tes bisa dlihat langsung, nilainya berapa itu bisa langsung dilihat,” ujar Amin yang masih menunggu jadwal resmi seleksi CPNS-PPPK 2024 dari pemerintah pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya