SOLOPOS.COM - Nur Wahyudin menunjukkan lokasi pemasangan Bapel di Pantai Sepanjang, Minggu (25/8/2013)

Nur Wahyudin menunjukkan lokasi pemasangan Bapel di Pantai Sepanjang, Minggu (25/8/2013)

Harian Jogja.com, GUNUNGKIDUL—Salah satu pemuda asal Dusun Tenggang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Nur Wahyudin, terpilih sebagai salah satu pemuda yang akan mengikuti pertukaran pemuda ke China. Nur terpilih sebagai pemuda pelopor pelestari lobster.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Saya senang sekali telah ditunjuk oleh Kemenpora sebagai salah satu wakil dari Indonesia. Saya berharap bisa mengharumkan nama Indoesia dan Gunungkidul di sana [China],” tutur dia kepada Harian Jogja.com, ketika ditemui di lokasi pelestarian lobster di Pantai Sepanjang, Minggu (25/8/2013).

Ia berharap dari China nanti akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Ia berencana akan menerapkan ilmu yang dinilai cocok dengan wilayah Gunungkidul.

Nur menuturkan ia mulai merintis pelestarian lobster sejak 2009. Pelestarian itu didasari oleh keinginannya untuk melestarikan lobster yang semakin berkurang. Pada 1998 lalu merupakan masa panen lobster yang paling melimpah.

“Tapi itu masa melimpah yang terakhir. Sejak itu hasil tangkapan lobster terus turun. Dari situ saya memiliki greget untuk melestarikan lobster,” papar dia.

Ia membeli lobster yang tengah  bertelur untuk dimasukkan ke dalam sebuah alat yang diberi nama bapel singkatan dari blong air penyelamat lobster. Bapel tersebut ditanam di sebuah cerukan di pojok Pantai Sepanjang hingga telur-telur tersebut menetas ke laut bebas.

“Kalau untuk budidaya belum bisa karena belum ada yang bisa membuat makanan untuk larva lobster,” papar dia. Nur berharap suatu saat ada cara untuk membudidayakan lobster.

Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gunungkidul, Ramiyo mengaku bangga dengan prestari salah satu pemuda di Gunungkidul. “Semoga dia bisa menjadi motivasi bagi pemuda yang lainnya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya