SOLOPOS.COM - Guiding block di sepanjang Pedestrian Malioboro adalah fasilitas penting untuk menunjang aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, yakni penyandang tuna netra. (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Penataan Malioboro, fungsi fasilitas khusus difabel belum dipahami masyarakat

Harianjogja.com, JOGJA — Sosialisasi tentang fasilitas khusus difabel dinilai sangat perlu dilakukan untuk mengedukasi seluruh pengunjung di Kawasan Malioboro. Pasalnya, sebagian besar masyarakat menganggap guiding block di sepanjang pedestrian Malioboro adalah hiasan semata.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Pantauan Harianjogja.com di kawasan Pedestrian Malioboro, tampak sejumlah pengunjung memanfaatkan paving block atau guiding block sebagai pemanis latar foto. Aryani, salah satu pengunjung, saat ditanya tentang guiding block tersebut mengaku tidak mengetahui fungsi dari pola tersebut.

“Memangnya, ini [guiding block] untuk apa? Saya kira hanya hiasan untuk jalan saja,” ungkap pengunjung asal Klaten, Jawa Tengah itu.

Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Jogja, Winarsih mengakui pemahaman masyarakat tentang fasilitas khusus difabel, terutama guiding block masih sangat minim.

“Kami pernah mengadakan survei langsung ke masyarakat untuk menanyai apa fungsinya. Sebagian besar tidak tahu, malah tahunya untuk hiasan atau mempercantik trotoar,” ujar Winarsih kepada Harianjogja.com, Jumat (20/1/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya