SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

KULONPROGO—Realisasi program keluarga berencana kaum pria di Kabupaten Kulonprogo menuai hasil fantastis karena menduduki rangking tertinggi se-DIY.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Capaian peserta KB baru yang menggunakan sistem kondom dan medis operasi pria (MOP) mencapai 116,43% dari Kontrak Kinerja Provinsi (KKP) perwakilan BKKBN DIY sehingga melampaui capaian empat kabupaten/kota di DIY.

Kabupaten Gunungkidul yang semula menempati rating tertinggi kini hanya mencapai realisasi peserta KB sebesar  92,03%. Tiga daerah lain yakni Sleman 68,82%, Jogja 60,58% dan Bantul 60,25%.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kulonprogo, Yudono Hindriatmoko, mengatakan capaian itu merupakan prestasi untuk mendukung program KB secara nasional.
“Menggembirakan bila dibanding pada 2011 lalu,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (23/1).

Kenaikan capaian KB pria setidaknya dipengaruhi makin intensifnya penyuluhan di 12 kecamatan di Kulonprogo. Program yang dilaksanakan antara lain lewat pemutaran film tentang KB di saat kegiatan pengajian di beberapa desa.

Trik menjaring perserta KB pria juga dilakukan dengan menggelar gebyar motivator KB pria melalui grebeg pasar. Program ini terbilang efektif karena mampu menjaring 24 akseptor. Selain itu, masyarakat juga diiming-imingi dengan hadiah kambing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya