SOLOPOS.COM - Ilustrasi lowongan kerja. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, BANTUL — Ada kabar gembira bagi para pencari kerja di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tanggal 8 hingga 10 Agustus 2023 akan digelar bursa kerja bertajuk Bantul Career Expo 2023.

Bursa kerja ini untuk memberi peluang kepada para pencari kerja agar mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan. Ada ribuan lowongan pekerjaan yang disediakan dalam bursa kerja ini.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, Istirul Widilastuti, mengatakan Bantul Career Expo 2023 akan digelar pada 8 hingga 10 Agustus 2023 di SMKN 1 Kasihan, Bantul. Total perusahaan yang mengikuti bursa kerja ini sebanyak 30 instansi dengan jumlah lowongan pekerjana yang disediakan mencapai 4.058.

“Harapan kami dengan adanya Bantul Career Expo 2023 ini masyarakat pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan sehingga serapan tenaga kerja akan semakin banyak,” katanya, saat dihubungi Jumat (4/8/2023).

Menurutnya, lowongan pekerjaan yang tersedia dapat diisi oleh angkatan kerja baik lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat sampai perguruan tinggi. Karena itu ia meminta para pencari kerja untuk mempersiapkan dokumen pendukung untuk melamar pekerjaan.

Tirul, sapaan akrabnya, menyampaikan angkatan kerja yang tinggi di Bantul menjadi salah satu fokus utama pemerintah sehingga seluruh program instansi baik ketenagakerjaan maupun transmigrasi diarahkan untuk masalah tenaga kerja.

Selain itu, jumlah pencari kerja dari tahun ke tahun juga cukup tinggi terutama lulusan SMA dan SMK. Bahkan setiap tahunnya lulusan SMA dan SMK bisa mencapai 6.000 se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Angkatan kerja menjadi problem bagaimana pemerintah provinsi dan kabupaten bisa mengadakan banyak kegiatan untuk bisa memfasilitasi para pencari kerja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tirul mengatakan bahwa jumlah angkatan kerja di Bantul pada 2022 lalu mencapai mencapai 626.283 orang. Dari jumlah tersebut yang sudah bekerja sebanyak 601.435 orang. Sehingga angka yang belum bekerja atau penangguran di Bumi Projotamansari mencapai 24.875 orang.

Selain melalui bursa kerja, Disnakertrans Bantul terus berupaya untuk menekan angka pengangguran melalui berbagai program, seperti padat karya dan juga menyediakan lowongan kerja di tingkat lokal, antardaerah maupun antarnegara secara berkala.

Kemudian adanya Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) yang rencananya akan ada di Bantul yang dikelola oleh pemerintah pusat dapat menyalurkan tenaga kerja terlatih sesuai dengan kebutuhan industri secara luas.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Butuh Pekerjaan? Bantul Career Expo 2023 Sediakan 4.058 Lowongan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya