SOLOPOS.COM - Ilustrasi biji kopi. (Freepik.com)

Solopos.com, JOGJA — Salah satu event menarik yang akan digelar pada pekan depan adalah Malioboro Coffe Night 2023. Kegiatan ini digelar bersamaan dengan rangkaian perayaan HUT Kota Jogja.  

Event ini bakal digelar di Menara Kopi tepatnya di Kotabaru, Gondokusuman, Kota Jogja, pada tanggal 1 hingga 6 Oktober 2023.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Ketua Panitia Malioboro Coffe Night 2023, Wisnu Birowo, mengatakan Malioboro Coffe Night 2023 akan digelar lebih lama dibandingkan tahun sebelumnya yaitu enam hari, mulai tanggal 1 sampai 6 Oktober. Tidak hanya membagikan gelas kopi yang bisa dinikmati para pengunjung, namun juga mempertemukan produsen kopi dari berbagai negara.

“Kegiatan ini akan digelar di Kotabaru tepatnya di venue Menara Kopi, karena tempatnya cukup luas. Kemudian akan digelar juga di Plaza Fisipol UGM,” katanya Kamis (28/9/2023).

Pelaksanaan digelar di Kotabaru karena berjarak tidak lebih dari satu kilometer dari kawasan Malioboro. Selain itu Kotabaru menjadi salah satu kawasan penyangga Sumbu Filosofi yang juga sedang dikembangkan destinasinya. Event tersebut diharapkan menjadi pemacu semakin banyak pengunjung yang datang ke Kotabaru dan berdampak ke perekonomian warga dan pelaku UMKM.

Ia menuturkan di Kotabaru tersebut akan disediakan berbagai jenis kopi. Pengunjung bisa menikmati kopi-kopi tersebut. Selain itu, event tersebut juga menjadi ajang promosi kopi lokal karena digelar pertemuan para pegiat kopi untuk pengembangan produknya.

Selain itu, melalui program Diplomasi Kopi yang digagas Kementerian Luar Negeri akan dihadirkan pula Dubes dan perwakilan negara konsumen kopi untuk bertemu dengan pelaku industri kopi.

“Jadi tidak hanya sekadar mencicipi kopi, tetapi bisa melakukan diskusi. Terutama pertemuan dengan negara konsumen kopi diharapkan bisa memotivasi kopi lokal merambah pasar ekspor,” katanya.

Perwakilan Komunitas Kopi Nusantara, Andri, menambahkan venue di Plaza UGM dalam rangkaian kegiatan ini akan mempertemukan para pegiat, produsen kopi serta kreator kopi. Melalui pertemuan itu harapannya pemasaran kopi lokal menjadi kian membaik dan dikenal di skala nasional maupun internasional.

“Kami berusaha untuk mempertemukan dari hulu sampai ke hilir terkait kopi ini, sehingga kopi lokal dengan para pelaku usaha kecilnya termotivasi untuk berkembang,” ujarnya.

 

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Berlangsung 6 Hari, Malioboro Coffe Night Digelar di Kotabaru hingga UGM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya