SOLOPOS.COM - Baran bukti pencurian komputer di Mapolda DIY. (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN – Seorang pemilik toko jual beli komputer di Solo turut ditangkap Polda DIY dalam sindikat pencurian CPU di sekolah. Tersangka menjadi penadah komputer curian kemudian dijual kembali dengan sistem online.

Tersangka sebagai penadah yakni Gaibbi Satya Yudaka, 32, asal Tegalbaru, RT 04 RW 04 Jebres, Surakarta. Ia mendapatkan pasokan dari empat tersangka lain yang beraksi di lapangan.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum AKBP Djuhandhani Rahardjo Puro menjelaskan setelah mendapatkan barang, keempat tersangka langsung membawanya ke penadah di Solo. Seluruh CPU diangkut menggunakan mobil rental yang digunakan para pelaku.

“Setelah selesai [mencuri], barang langsung dibawa ke GSY [Gaibbi Satya Yudaka]. Dia [GSY] ini kan sebelumnya juga pernah dikenakan 480 [pasal 480 KUHP tentang tindak pidana penadahan] di Surabaya,” terangnya Selasa (9/12/2014).

Dari hasil penyidikan, lanjutnya, setiap unit CPU all in one rata-rata dijual Rp1,5 Juta kepada penadah. Keempat pembobol kemudian membagi hasilnya. Nurul Syamsul Hadi yang bertindak sebagai penggambar dan Ahmad Mashuri selaku sopir mendapatkan jatah Rp500.000 dibagi dua tiap penjualan CPU per unitnya. Sedangkan sisanya Rp1 Juta per unit dibagi dua eksekutor yakni Muhammad Tuanaya dan Umar. Setiap pembobolan mereka rata-rata mendapatkan 20 unit. Dengan demikian masing-masing eksekutor mengantongi Rp10 Juta untuk setiap aksi kejahatan yang dilakukan. Sedangkan penggambar dan driver harus puas membagi dua Rp10 Juta untuk sekali aksi.

Sedangkan untuk penadah dalam hal ini Gaibbi Satya Yudaka mengambil keuntungan dari hasil penjualan CPU kepada konsumen. Ia tidak saja menjual di toko komputer miliknya, tetapi juga menjajakan CPU milik berbagai sekolah di DIY itu melalui situs jual beli online.

“Penadah ini menjual barang tersebut melalui sistem online [situs jual beli online],” ujar Djuhandhani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya