SOLOPOS.COM - Ebrehnin Yevgeniy, pendaki asal Rusia tiba di Posko Darurat Kinahrejo Cangkringan Sleman, Kamis (15/8/2013) malam. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Ebrehnin Yevgeniy, pendaki asal Rusia tiba di Posko Darurat Kinahrejo Cangkringan Sleman, Kamis (15/8/2013) malam. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, SLEMAN – Setelah tiba di Pos Darurat Relawan di Kinahrejo Cangkringan Sleman pada Kamis (15/8/2013) malam, pendaki asal Rusia yang sempat tersesat selama lima hari kemudian diserahkan ke Polda DIY.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Direktur Sabhara Polda DIY, Kombes (Pol) Yulza Sulaiman menyatakan langkah pertama yang ditempuh setelah menerima pendaki Rusia tersebut yakni membawanya ke rumah sakit terdekat.

“Pasalnya, keselamatan dan kondisi lebih utama,” kata dia, di pos darurat, Kamis (15/8/2013) malam.

Setelah itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah terkait guna melaporkan hal ini kepada Kedubes Rusia untuk Indonesia.

“Kami sudah berkoordinasi, terutama kaitannya dengan pihak Kedubes. Tapi pertama tentu penyelamatan dulu. Kami bawa ke rumah sakit,” ungkapnya.

Sebelumnya, pendaki asal Rusia ini, hilang di Merapi sejak Minggu (11/8/2013) malam. Pria 26 tahun itu nekat melalui jalur selatan Merapi untuk menuju puncak. Ia sempat meninggalkan motor Honda Vario yang disewanya di kawasan Sosrowijayan Yogyakarta.

Ebrehnin akhirnya ditemukan oleh tim gabungan relawan pada Kamis (15/8/2013) sore dalam kondisi selamat, namun dalam kondisi lemas dan mengalami lecet-lecet di bagian kakinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya