SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SD ujian (Dok/JIBI/Solopos)

Media pembelajaran itu sudah disesuaikan dengan karakter siswa agar mereka dapat bermain sambil belajar kebudayaan Indonesia

Harianjogja.com, JOGJA – Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Muhammad Muslim Machbub Sulthony mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif budaya Indonesia.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

“Media pembelajaran itu sudah saya sesuaikan dengan karakter siswa agar mereka dapat bermain sambil belajar kebudayaan Indonesia,” kata Muhammad Muslim Machbub Sulthony Seperti dikutip Antara, Minggu (8/5/2016).

Menurut dia, multimedia pembelajaran yang dibuat melalui metode “research and development” itu digunakan untuk memperkenalkan keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia seperti senjata, musik, rumah, tarian, pakaian, lagu, bahasa, dan tradisi.

“Saya berharap multimedia ini dapat mengenalkan keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia kepada para siswa agar mereka bisa menghargai, menjaga, dan melestarikan budaya negeri ini,” katanya.

Ia mengatakan sasaran dari multimedia pembelajaran yang dibuat dengan AutoPlay Media Studio 8 adalah siswa kelas V sekolah dasar. Multimedia itu juga menyediakan evaluasi pembelajaran dalam bentuk permainan edukasi untuk menyesuaikan dengan karakteristik siswa.

“Media pembelajaran itu sudah divalidasikan kepada dosen yang memang berkompeten di bidangnya agar multimedia yang dikembangkan mendapat kritik dan saran untuk perbaikan,” katanya.

Menurut dia, kebudayaan nasional merupakan sesuatu hal yang penting bagi Indonesia dan merupakan salah satu unsur dalam menjaga rasa nasionalisme rakyat Indonesia. Namun, ketika kebudayaan itu tidak dijaga dengan baik, kebudayaan tersebut akan sangat mudah diklaim oleh negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya