SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

Peran tenaga pengajar masih perlu ditingkatkan lagi untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Harianjogja.com, PATUK-Kalangan pendidik optimistis pendidikan di Gunungkidul mampu bersaing dengan Kabupaten lain di DIY. Pasalnya, saat ini Gunungkidul tak lagi menjadi daerah yang tertinggal dari jangkauan pendidikan.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Berbagai usaha dilakukan para pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar siswa. Salah seorang pengajar di SMP N 3 Patuk, Masroir mengatakan peran SDM atau tenaga pengajar saat ini masih perlu ditingkatkan lagi.

Menurutnya, pendidik menjadi kunci utama bagi keberhasilan siswa. Selama ini ia berusaha untuk menjadi pendidik yang maksimal dalam membantu para siswa belajar. Terkait dengan hasil kelulusan SMP di tingkat DIY dimana Gunungkidul dalam lima tahun terkahir masih menduduki posisi ke-lima, ia terus melakukan upaya untuk meningkatkan hasil Ujian Nasional siswa. Program Uji Kompetensi Guru menurutnya juga menjadi program yang sangat baik, melalui program tersebut dapat menjadi upaya untuk memperbaiki kualitas guru.

“Sebagai pendidik kami usahakan secara maksimal untuk membimbing siswa. Bukan karena murid yang kurang mampu dalam akademik, terus kita asal-salan dalam mengajar, tidak seperti itu seharusnya,” kata dia.

Senada dengan yang diungkapkan Masroir, Kepala SMP N 3 patuk, Mursinah mengungkapkan bahwa guru sangat berperan mendampingi siswa dalam proses belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya