SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan anak-anak (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Pendidikan Gunungkidul mendapatkan perhatian dari pemerintah desa

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Selain diprioritaskan untuk pembangunan fisik, dana desa juga dialokasikan untuk memberi gaji kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun di setiap desa gaji yang diberikan berbeda-beda.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Kepala Desa Rejosari, Kecamatan Semin, Paliyo mengatakan sejak dua tahun terakhir pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk gaji guru PAUD. “Ada sembilan guru PAUD di Rejosari, dan mereka semua dapat gaji dari dana desa,”  kata dia kepada wartawan, Selasa (14/3/2017).

Pertama kali dianggarkan pada 2015 lalu, setiap guru PAUD mendapatkan gaji sebesar Rp50.000 per bulan. Kemudian pada 2016 dinaikkan menjadi Rp100.000. Sedangkan untuk 2017 ini, kata dia sudah disepakati adanya peningkatan honor menjadi Rp150 setiap bulan.

Peningkatan dana desa menurutnya sebagai dasar kesepakatan peningkatan gaji Guru PAUD yang berada di tiga sekolah PAUD di Desa Rejosari. “Karena dana desa juga meningkat, dari yang sebelumnya sekitar Rp700 juta sekarang menjadi Rp927 juta,” kata Paliyo.

Terpisah, Kepala Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Hardi juga mengatakan hal demikian. Selama kurang lebih dua tahun terakhir, 18 guru PAUD yang mengajar di enam PAUD di Desa Logandeng mendapatkan gaji Rp100.000 per bulan dari dana desa.

Selain guru PAUD, sejumlah kader desa juga mendapatkan gaji Rp35.000 per bulan sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat dari dana desa tersebut. Namun dia mengakui dari total Rp700 juta dana desa pada 2016, sebagian besar masih untuk anggaran pembangunan fisik.

“Pada 2017 ini naik menjadi Rp900 juta dan masih sama alokasinya, kebanyakan untuk pembangunan fisik seperti pembangunan talud dan saluran irigasi pertanian,” ujarnya.

Namun untuk pencairan dana desa tahap pertama pada 2017 ini, pihaknya masih menunggu. Pasalnya dari jadwal pencairan semula yang jatuh pada April, dipastikan molor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya